Senin, 20 Mei 2013

Mengembalikan file yang di sembunyikan virus

Hai sob. . .

Berikut ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai cara mengembalikan file dan folder yang telah terproteksi oleh virus. Sebelumnya untuk file dan folder yang telah terinfeksi oleh virus akan di block oleh virus tersebut dan tidak jarang virus tersebut menyembunyikan file dan folder-folder tersebut dalam bentuk attribut hidden dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkahnya :

Silahkan klik Start - All Program - Accesories -  Command Prompt atau silahkan tekan kombinasi tombol windows + R dan ketikan "cmd" tanpa tanda kutip, sebagai berikut :


Setelah menekan tombol Ok akan muncul tampilan seperti berikut :


Silahkan pindah ke partisi Disk atau Flash Disk yang dicurigai terinfeksi virus, jika partisi yang dituju D: silahkan ketikkan " d: " pada command prompt tanpa tanda kutip. 

Kemudian silahkan ketikkan perintah "attrib /?" tanpa tanda kutip seperti tampilan dibawah ini :


Tampilan diatas mengartikan tipe - tipe operator yang dapat digunakan untuk proses eksekusi, seperti operator +, -, / dan sebagainya. Sedangkan huruf yang ddefinisikan sebagai bentuk attribut dari sebuah file atau folder seperti R, A, dan H. Sedangkan huruf S, D adalah perintah untuk proses eksekusi yang akan dilakukan.

Kemudian untuk mengembalikan isi dari direktori yang telah kita pilih silahkan ketikkan perintah "attrib -s -h *.* /D /S" pada command prompt tanpa tanda kutip. Ingat! ketikkan pada direktori yang diduga terinfeksi virus dan terdapat beberapa file dan folder yang hilang.


Silahkan tunggu hingga proses berjalan hingga selesai dengan tanda kursor baris akan berkedip-kedip. Jika file atau folder yang terdapat dalam sebuah Disk terlalu banyak atau banyak, dapat berpengaruh dengan lamanya proses itu berjalan.

_Selamat Mencoba_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar